Featured Post

Maulid Nabi Muhammad SAW: Cahaya Bagi Seluruh Umat Manusia

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan peristiwa penting dalam sejarah keagamaan mereka, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid adalah waktu yang penuh berkah dan sukacita, saat kita merayakan kelahiran Nabi Muhammad, utusan Allah SWT yang membawa ajaran Islam kepada dunia. Dalam art…

TNI AU Jelaskan Manuver Solo Spin yang Sempat Dikira Netizen Pesawat Jatuh

Posting Komentar



Jakarta
- TNI Angkatan Udara menjelaskan manuver solo spin pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang dikira pesawat jatuh di Jakarta. Aksi TNI AU itu sempat membuat heboh warganet.

Dinas Penerangan TNI AU (Dispenau) mengatakan aksi atraktif manuver solo satu pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) memang sedang melakukan latihan di atas Monas pada Rabu (27/9/2023). Aksi itu dikira netizen bahwa pesawat jatuh.

"Rekaman manuver pesawat yang sempat beredar di medsos Tik Tok itu pun ditanggapi serius oleh netizen, bahkan mereka menyeru pesawat telah jatuh, menghujam ke bumi," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama (Marsma) R Agung Sasongkojati dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (28/9/2023).

Agung mengatakan semua penerbangan pesawat TNI AU berjalan dengan aman. Agung menyebut aksi itu adalah latihan untuk HUT TNI ke-78.

"Menanggapi hal tersebut, perlu dijelaskan bahwa dari laporan Pusat Komando dan Pengendalian TNI AU (Puskodalau) semua penerbangan pesawat TNI AU hari Rabu (27/9) sampai penerbangan terakhir pukul 17.48 WIB, semua berjalan aman," katanya.

"Terkait tayangan yang beredar di medsos TikTok, itu merupakan manuver solo spin yang ditunjukkan Mayor Pnb Ari 'Monster' Widodo, member Jupiter 6, dalam misi latihan dan cek lokasi untuk kegiatan demo udara pesawat TNI AU dan TNI, peringatan HUT ke-78 TNI pada 5 Oktober 2023 mendatang," imbuhnya.

Agung memastikan info pesawat jatuh yang diributkan di media sosial itu adalah hoax. Agung menegaskan TNI AU memang jauh di langit tapi dekat di hati.

"Dengan demikian informasi jatuhnya pesawat seperti yang diramaikan netizen di TikTok, tidak benar alias hoax. Namun tidak apa-apa karena TNI AU memang jauh di langit, tapi dekat di hati," tutur dia.

Sebelumnya diberitakan, warga Ibu Kota dihebohkan oleh video di media sosial yang menampilkan sebuah pesawat tampak kehilangan tenaga dan terjun bebas saat mengudara. TNI Angkatan Udara (AU) mengatakan itu merupakan pesawat aerobatik sedang latihan di Jakarta.

"Jatuh pesawatnya tuh. Jatuh itu, eh jatuh pesawat noh. Wah jatuh noh. Serius, serius, nggak bohong. Ke sana-ke sana, meledak kali tuh. Jatuh, jatuh ke sana, noh noh noh. Jatuh beneran," ujar perekam dalam video yang diunggah di TikTok dan viral, seperti dilihat detikcom pada Rabu (27/9).

Video tersebut diberi judul oleh pengunggahnya 'Detik-detik Pesawat Jatuh'. Dalam kolom keterangan, tertulis 'Detik-detik pesawat jatuh di Jakarta', dengan tagar pesawat jatuh dan musibah.

Faktanya, pesawat dalam video yang diunggah tersebut tak jatuh. Pesawat tersebut milik TNI Angkatan Udara (AU) dan disebut sedang latihan.

"Itu pesawat aerobatik TNI AU latihan di atas Monas tadi siang," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) R Agung Sasongkojati 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter