Featured Post

Maulid Nabi Muhammad SAW: Cahaya Bagi Seluruh Umat Manusia

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan peristiwa penting dalam sejarah keagamaan mereka, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid adalah waktu yang penuh berkah dan sukacita, saat kita merayakan kelahiran Nabi Muhammad, utusan Allah SWT yang membawa ajaran Islam kepada dunia. Dalam art…

Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia

Posting Komentar





Sudah bukan lagi hal yang asing saat kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah pulau yang banyak. Tidak dapat dipungkiri, jumlah wilayah daratannya yang misah-misah membuat Indonesia sangat beragam budaya dan agama.

Namun, siapa sangka jika agama Islam yang paling banyak penganutnya. Pastinya banyak yang bertanya-tanya, kan? Gimana sih awal agama Islam ada.di Indonesia? Terus, kok bisa mendapatkan jumlah pemeluk yang sangat banyak? Berikut kami ulas di artikel ini!

Awal Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia

Tidak dapat dipungkiri, hadirnya agama Islam di Indonesia bukan tanpa awal dan proses yang panjang. Justru kalau kita lihat pada masa Nabi Muhammad SAW di Mekah pun perjuangan penyebaran agama Islam sangat berisiko sekali!

Lantas, bagaimana caranya bisa masuk Indonesia, ya? Awal mula agama Islam berada di Indonesia sebenarnya melalui proses yang panjang. Salah satu prosesnya melalui para pedagang. Namun, ada beberapa teori lain yang menyebut dibawa oleh siapa agama ini.

Kalau berdasarkan sejarah yang paling sering diperbincangkan, Islam diduga masuk wilayah Indonesia sejak anak ke-2. Dibuktikan dengan hijrahnya para pedagang asal Ceylon pada abad ke-7, mereka mengalami perkembangan yang cukup pesat saat bekerja sama dengan China.

Nah! Omong-omong soal awal masuknya agama Islam sendiri ada beberapa teori yang berbeda. Di antaranya adalah teori Gujarat , teori Mekah dan teori Persia. Masing-masing dari teori ini mengalami kisah yang berbeda dalam perkembangan Islam.

Dalam teori Gujarat yang berasal dari India, kabarnya Islam dibawa oleh para pedagang muslim. Sekitar abad ke-13 M, Islam masuk ke wilayah Indonesia dan lama-kelamaan menyebar ke seluruh wilayah Nusantara. Selain teori Gujarat, ada teori Mekah. Teori yang satu ini mengungkap kalau awal masuknya Islam ke Indonesia dibawa oleh para pedagang muslim asal Arab.

Waktu kejadiannya sekitar anak ke-7 M. Tentunya lebih awal dari teori Gujarat, ya! Nah! Ada pula teori Persia yang mengungkap pendapat lain. Untuk teori Persia ini sendiri kabarnya tidak jauh berbeda dengan kedua teori di atas. Lagi-lagi peran para pedagang sangat penting. Namun, untuk Persia para pedagangnya sebenarnya bertujuan ke Gujarat.

Lebih tepatnya mereka singgah sebentar untuk beristirahat di wilayah Indonesia. Kalau menurut sejarah, para pedagang asal Persia tiba sekitar abad ke-14 M. Jadi, hampir serupa dengan teori Gujarat, bukan? So, banyaknya teori ternyata tidak selalu memberikan dampak yang baik. Beda kepala beda pemikiran pula. Nah! Salah satu teori lain mengenai temuan Marcopolo juga mendukung adanya agama Islam di suatu pulau Indonesia.

Lebih tepatnya di wilayah Sulawesi bagian Utara. Kabarnya orang sana sudah mengenal adanya agama Islam karena mereka sudah begitu sering berkomunikasi dengan orang Perlak. Bahkan saking seringnya bisa jadi mereka saling mengenal satu sama lain.

Beda halnya dengan wilayah Sumatera, kalau wilayah Sulawesi kabarnya Islam masuk melalui kerajaan. Tentu saja para penyebarnya tidak jauh-jauh dari Hadramaut. Ada pun pengaruh lainnya mengajak warga beragama Islam juga karena pengaruh ulama yang sangat penting.

SEMOGA BERMANFAAT




Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter