Featured Post

Maulid Nabi Muhammad SAW: Cahaya Bagi Seluruh Umat Manusia

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan peristiwa penting dalam sejarah keagamaan mereka, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid adalah waktu yang penuh berkah dan sukacita, saat kita merayakan kelahiran Nabi Muhammad, utusan Allah SWT yang membawa ajaran Islam kepada dunia. Dalam art…

Pengertian dari SISTEM KOMPUTER

Posting Komentar

 

  • Definisi Sistem Komputer

         Menurut Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler, sistem merupakan rangkaian yang saling terkait diantara beberapa bagian yang terkecil, apabila bagian atau sub bagian terganggu maka pada bagian yang lainnya akan merasakan ketergangguan tersebut.

        Sedangkan istilah komputer memiliki arti yang sangat luas dan berbeda untuk setiap para ahli. Dimana istilah komputer diambil Bahasa latin computare yang artinya adalah menghitung. Dan menurut Blissmer (1985), komputer merupakan alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input berdasarkan perintah yang diberika, menyimpan perintah serta hasil pengolahannya dan menyediakan suatu output yang diberikan dalam bentuk suatu informasi.

        Perkembangan suatu teknologi komputer sangat berkembang sekali, komputer selain berfungsi sebagai mesin hitung tapi juga telah memiliki berbagai kegunaan untuk memudahkan serta membantu proses kerja dari sipengguna. Komputer memiliki tiga istilah penting, yaitu data atau input, pengolahan data atau proses serta informasi atau output. Pengolahan data dengan komputer diartikan sebagai suatu pengolahan data elektronik. Dimana data merupakan kumpulan gejala dari sebuah fakta yang dapat berupa angka, symbol, huruf atau juga merupakan gabungan dari ketiganya. Pengolahan data adalah proses merubah data kedalam suatu bentuk yang sangat berguna. Sedangkan pengolahan data elektronik merupakan proses manipulasi suatu data menjadi sebuah informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik seperti komputer.

        Sistem komputer merupakan jaringan elektronik yang memiliki perangkat keras dan perangkat lunak yang memiliki tugas menerima input, memproses input, menyimpan instruksi atau perintah serta menghasilkan output dalam bentuk informasi. Fungsi utama dari sistem komputer yaitu untuk mengolah data supaya menghasilkan suatu informasi dengan bantuan perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software serta brainware atau pengguna.

  • Komponen Serta Fungsi Pada Sistem Komputer

Komponen utama dari sebuah komputer adalah sebagai berikut:

a. Hardware atau perangkat keras Hardware 
          yaitu sebuah peralatan fisik yang ada pada suatu komputer yang dapat dilihat serta dapat dirasakan oleh pengguna. Yang merupakan hardware yaitu input atau output device, storage device atau perangakt penyimpanan, monitor atau screen, casing unit, central processing unit atau dikenal dengan cpu.

        Input device adalah suatu alat yang berfungsi menerima suatu inputan yang berasal dari luar sistem, yang berupa suatu signal input. Seperti Mouse, keyboard, joystick adalah bagian dari hardware yang bertugas memasukkan suatu data kedalam sebuah komputer. Sedangkan perbaikan suatu input merupakan sebuah program yang berfungsi untuk melakukan pengolahan data yang digunakan untuk memasukkan sebuah data ke dalam suatu program yang ada pada komputer.

       Dan perangkat keluaran yaitu merupakan suatu hasil yang diperoleh dari proses yang ada. Seperti bentuk tulisan, gambar, suara dan lain sebagainya yang akan dapat dibaca oleh mesin tersebut. Adapaun sample dari perangkat keluaran yaitu monitor, speaker, printer, dan lain lain.

        Central processing unit adalah suatu tempat yang bertugas mengelola dan memproses perintah dari sebuah program. Ada tiga bagian CPU yang bertugas untuk mengontrol seluruh kegiatan pada sistem komputer, seperti: 

1) Unit Kendali atau Control Unit, yaitu bagian dari sebuah CPU yang berfungsi mengatur serta mengenadalikan proses yang telah dilakukan oleh suatu komputer berdasarkan perintah yang telah diberikan. 

2) ALU atau Arithmatic Logical Unit, yaitu bagian dari CPU yang berfungsi melakukan perhitungan baik secara logika ataupun secara aritmatika dan yang akan dibutuhkan pada saat proses kerja yang berada di komputer. 

3) Internal Memory, yaitu berfungsi sebagai tempat penyimpanan sebuah data yang lagi diproses pada sebuah komputer. Dimana tempat penyimpanan yang ada pada internal memory hanyalah bersifat sementara, sehingga apabila komputer ketika dalam posisi dimatikan maka data yang ada pada komputer akan hilang. Adapun jenis jenis memori yang paling sering digunakan adalah register prosesor, RAM atau random access memory, cache memory, memori fisik, perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis, perangkat penyimpanan berbasis disk optik, memori yang hanya dapat dibaca atau ROM, flash memory, puncherd card, CD, DVD. Memori terdiri dari 2 bagian, seperti:

a) RAM atau disebut dengan Random Access Memory
        Dimana seluruh data ataupun seluruh pemrograman yang telah dimasukkan lewat proses alat input ini maka lebih dulu akan tersimpan pada memori utama. Terutama random access memory yang diakses secara random yaitu dapat diisi, ditulis, diambil bahkah isinya dapat dihapus pemrogram. Sehingga, supaya data pada komputer tidak hilang pada saat komputer nanti akan dimatikan, maka dibutuhkan suatu media penyimpanan eksternal, yaitu disket, harddisk, PCMCIA card dan lain lain. Adapun tipe umum pada RAM yaitu sebagai berikut: 

(1) SRAM atau Static RAM 
(2) NV RAM atau Non Volatile RAM 
(3) DRAM atau Dynamic RAM 
(4) Fast Page Mode DRAM 
(5) EDO RAM atau Extended Data Out DRAM 
(6) XDR DRAM 
(7) SDRAM atau Synchoronous DRAM 
(8) DDR SDRAM atau Double Data Rate Synchoronous DRAM sekarang (2005) mulai digantikan dengan DDR2 
(9) RDRAM atau Rambus DRAM 
(10)Adapun produsen peringkat atas RAM yaitu: (11)Infineon (12) Hynix (13)Samsung (14) Micron 
(15) Rambus 
(16) Corsair

b) ROM atau Read Only Memori
       Dimana ROM merupakan suatu memori yang hanya dapat dibaca maka pemrograman akan tidak dapat mengisi apapun kedalam kedalam ROM. Instruksi yang berasal dari ROM maka sebagian dari isinya akan dipindahkan ke dalam sebuah RAM. Dimana instruksi yang ada di dalam ROM yaitu suatu intruksi yang bertugas membaca suatu sistem operasi dari sebuah disk. Intruksi untuk melakukan pengecekan maka seluruh peralatan yang berada pada unit sistem serta suatu intruksi yang akan menampilkan suatu message pada layar.sehingga isi read only memory disini tidak akan hilang apabila tidak memiliki aliran listrik. Adapun salah satu contoh yang merupakan dari read only memory adalah read only memory BIOS yang didalamnya terdapat progam dasar dari sistem komputer yang berfungsi mengatur dan menyiapkan seluruh peralatan atau komponen yang berada di dalam komputer saat komputer dihidupkan.

b. Software atau Perangkat Lunak
        Yaitu sebuah pemrograman yang memiliki arahan - arahan dalam menjalankan suatu proses. Dimana sebuah pemrograman yang ada akan ditulis menggunakan bahasa yang sangat khusus sehingga akan lebih mudah dipahami oleh komputer. Adapun jenisjenis dari perangkat lunak yaitu:

1) Sistem operasi, merupakan software yang terlebih dahulu harus diinstal ke dalam komputer. Dimana fungsi dari OS itu sendiri yaitu berfungsi untuk mengelola hardware dan software yang terdapat pada komputer. Dan OS disini juga berfungsi sebagai perantara antara suatu aplikasi dengan hardware. Dimana apabila kita memberikan suatu instruksi kepada hardware maka perintah tersebut akan terlebih dahulu akan disampaikan kepada OS lalu OS akan menyampaikannya kepada hardware. Contohnya, kita memberikan suatu instruksi atau perintah print di dalam Microsoft word, maka perintah print tersebut akan disampaikan kepada oOS terlebih dahulu lalu OS akanmenyampaikannya kepada printer. 

2) Aplikasi atau program. Dimana software ini dibuat untuk tujuan atau fungsi tertentu yaitu untuk mempermudah pekerjaan manusia. 

3) bahasa pemrograman, dimana software ini digunakan untuk membuat suatu aplikasi. Dan pengguna aplikasi ini disebut dengan programmer

c. Brainware atau pengguna. 
        Brainware merupakan pengguna yang menggunakan komputer, seperti sistem analis, programmer, operator, user, dan lain lain. 
Adapun tingkatan dari brainware, yaitu: 
1) System Analyst, merupakan penaggung jawab dan juga perencana sistem dari proyek pembangunan sebuah sistem informasi yang memanfaatkan komputer. Dimana seorang analis harus memiliki keterampilan ataupun kemampuan dibidang analis, teknik manajerial dan interpersonal. 
2) Programmer, merupakan seseorang yang memiliki kelenihan di bidang bahasa pemrograman. Misalnya java, c++, Html, Delphi, dan lain lain yang akan mempersiapkan sebuah program yang dibutuhkan oleh sistem komputerisasi yang akan dirancang.
3) Administrator, merupakan seseorang yang bertugas untuk mengelola suatu sistem operasi serta program yang berjalan pada komputer. Dimana brainware operator mempunyai tanggung jawab seperti mencegah badword (kata kata kasar atau tidak sopan), mencegah flaming (kata kata yang memancing terjadinya suatu provokasi antar user). 
4) Operator, merupakan bagian dari brainware yang memiliki level terendah atau disebut dengan pengguna biasa. Operator hanya memanfaatkan sistem komputer yang telah ada untuk digunakan mengolah kata ataupun angka serta melakukan kerjaan atau aktivitas lainnya

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter