Featured Post

Maulid Nabi Muhammad SAW: Cahaya Bagi Seluruh Umat Manusia

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan peristiwa penting dalam sejarah keagamaan mereka, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid adalah waktu yang penuh berkah dan sukacita, saat kita merayakan kelahiran Nabi Muhammad, utusan Allah SWT yang membawa ajaran Islam kepada dunia. Dalam art…

Klasifikasi Komputer dan Sejarah Perkembangan KOMPUTER

Posting Komentar

 



a. Berdasarkan Data yang Diolah 
        Terdapat banyak sekali jumlah data yang akan diolah oleh komputer, seperti gambar, suara, angka, huruf, symbol dan lain - lain. Sehingga tidak semuanya komputer dapat mengolah semua jumlah data yang berada pada komputer. Komputer dibagi menjadi tiga berdasarkan data masukan, seperti: 

1) Komputer Analog, adalah jenis dari komputer dan bertugas untuk melakukan dalam pengolahan dari sejumlah data yang bersifat kualitatif, contohnya keadaan suhu, ketinggian serta kecepatan. Komputer analog ini lebih sering dipakai oleh perusahaan pabrik pabrik yang berfungsi mengontrol dan memperoleh suatu jenis barang atau biasa disebut dengan produk. Misalnya komputer untuk perhitungan suatu aliran BBM yang terdapat pada SPBU. 
2) Komputer Digital, adalah jenis dari komputer yang berfungsi untuk melakukan pengolahan suatu data yang bernilai kuantitatif yang bisa digunakan. Dimana data digital komputer seperti simbol, contohnya simbol alphabetis dan juga simbol numerik. 
3) Komputer hibrid, yang berfungsi dalam pengolahan suatu data yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Dimana komputer hibrid disini adalah kumpulan atau penggabungan yang berasal dari suatu komputer yang bersifat analog dan juga bersifat digital.misalnya dalam kedokteran yang digunakan dalam proses pemeriksaan serta menganalisa dari keadaan tubuh yang berasal dari seorang pasien.

b. Berdasarkan Ukuran 
        Berdasarkan ukurannya serta kapabilitasnya, komputer dapat dikelompokkan menjadi 4 bagian yaitu: 

1) Komputer mikro, merupakan komputer yang kecil dan diletakkan di meja ataupun kursi dan sangat mudah untuk dipindahkan. Seperti notebook, laptop, PC, PDA, dan lain lain. 
2) Komputer mini, memiliki kemampuan yang lebih besar dibandingkan dengan personal komputer. Dimana komputer mini pada umumnya dapat berfungsi melayani lebih dari satu pengguna atau pemakai. Misalnya IMB AS 400. 
3) Komputer mainframe, jenis ini memiliki processor dimana jumlahnya lebih dari satu. Sehingga inilah salah satu yang dapat membedakan dengan sebuah komputer mini. Dan apabila dilihat dari proses kecepatan, maka komputer mainframe memiliki kecepatan yang sangat cepat daripada komputer mini.
4) Super komputer, merupakan bagian dari komputer dimana kecepatan proses serta keahlian dalam menyimpan sebuah data sangatlah tinggi apabila dibandingkan dengan komputer mainframe. Super komputer disini biasanya digunakan di negara maju serta perusahaan perusahaan yang sangat besar seperti industri pesawat terbang.

c. Berdasarkan Generasinya
        Adapun klasifikasi komputer dilihat dari generasinya adalah sebagai berikut: 

1) Generasi Pertama (1946 1959)
    a) Diawali adanya Univac I dan IBM 701 yang pertama digunakan untuk aplikasi akuntansi serta bisnis
    b) Untuk proses pengolahan datanya menggunakan sebuah tabung hampa atau vacuum tube
    c) Memiliki ukuran fisik yang sangat besar sehingga akan membutuhkan ruangan yang sangat luas serta cepat panas karena ukurannya yang besar
    d) Memiliki proses yang kurang cepat serta daya simpan yang sangat kecil.

2) Generasi Kedua (1959 1964)
    a) Komponen yang ada pada komputer digabung kedalam sirkuit yang bernama printed circuits
    b) Memiliki ukuran yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan komputer yang berada di generasi pertama
    c) Sudah menggunakan transistor
    d) Memiliki keahlian real time dan time sharing
    e) Memiliki proses operasi yang sudah cepat yang dapat memproses jutaan operasi dalam hitungan perdetik.

3) Generasi Ketiga (1964 1970)
    a) Telah menggunakan komputer IC atau integrated circuits
    b) Berfungsi lebih cepat dan memiliki kapasistas memori yang lebih besar
    c) Dapat melakukan multiprocessing dan multiprogramming
    d) Memiliki harga yang sangat murah dibandingkan generasi generasi yang ada sebelumnya.

4) Generasi Keempat (1970 sampai sekarang)
    a) Menggunakan teknologi very large scale integration dan ribuan transistor dibuat dalam sirkuit yang bernama processor
    b) Kecepatan tinggi dan memiliki kapasitas memori yang jauh lebih besar



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter