Featured Post

Maulid Nabi Muhammad SAW: Cahaya Bagi Seluruh Umat Manusia

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan peristiwa penting dalam sejarah keagamaan mereka, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid adalah waktu yang penuh berkah dan sukacita, saat kita merayakan kelahiran Nabi Muhammad, utusan Allah SWT yang membawa ajaran Islam kepada dunia. Dalam art…

Belajar Rumus SUM Di Excel

Posting Komentar

 



Rumus atau fungsi SUM pada excel umumnya digunakan untuk menjumlahkan data. Buat kamu yang saat ini sedang mempelajari cara menggunakan excel dengan optimal, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini akan membahas tentang rumus SUM sekaligus cara penggunaannya.

Pengertian Rumus SUM Di Excel 

Rumus SUM merupakan salah satu fungsi pada excel yang digunakan untuk memudahkan kita menjumlahkan dara serta menambahkan semua suatu angka menjadi suatu argumen.

Rumus SUM bisa kamu gunakan untuk menjumlahkan beberapa data atau angka yang tedapat do beberapa sel atau range yang diinginkan.

Fungsi rumus SUM

Rumus Excel SUM adalah rumus sederhana namun memiliki banyak manfaat. Dengan rumus ini, kamu tidak perlu lagi kalkulator untuk menghitung data yang ada di dalam Microsoft Excel karena rumus ini secara otomatis akan menjumlahkan data yang kamu pilih. Tinggal masukkan fungsi rumusnya dan pilih rentang (grup sel) yang akan dijumlah.

SUM dipakai ketika kamu ingin menjumlahkan beberapa angka dalam grup sel. Fungsi ini digunakan untuk melakukan penjumlahan data atau menambahkan semua angka yang telah kamu tentukan sebagai variabelnya. SUM pada Excel memungkinkanmu menjumlahkan banyak data secara lebih cepat, dengan risiko keliru yang cenderung minim.

Cara Menggunakan Rumus SUM Di Excel Beserta Contohnya

Formula rumus :

=SUM(angka1;[angka2];...)

Contoh penggunaanya :

Menggunakan SUM dengan dua rentang angka

Berikut adalah rumus yang menggunakan dua rentangsel: =SUM(A2:A4,C2:C3) menjumlahkan angka dalam rentang A2:A4 dan C2:C3. Kamu menekan Enter untuk mendapatkan total 39787.

Langkahnya:

  1. Ketik =SUM dalam sel, diikuti dengan tanda kurung buka (
  2. Untuk memasukkan rentang rumus pertama, yang disebut argumen (bagian data yang perlu dijalankan rumus), ketik A2:A4 (atau pilih sel A2 dan seret melalui sel A6). 
  3. Ketik koma (,) untuk memisahkan argumen pertama dari argumen berikutnya. 
  4. Ketikkan argumen kedua, C2:C3 (atau seret untuk memilih sel)
  5. Ketik tanda kurung tutup ), lalu tekan Enter.
*Note : "Setiap argumen dipisahkan oleh tanda baca koma"


Menyalin fungsi SUM ke kolom lain

Kalau kamu punya beberapa kolom sekaligus yang ingin dijumlahkan, di mana kolom-kolom tersebut letaknya bersisian, kamu bisa langsung menyalin fungsi SUM secara otomatis tanpa harus mengetikkan kembali rumusnya. Begini panduannya:

  1. Tempatkan kursor mouse ke kanan bawah sel yang baru saja selesai dijumlahkan. 
  2. Kursor akan berubah menjadi tanda plus hitam tebal (+)
  3. Klik kiri dan tahan kursor mouse sambil mengarahkannya ke sel tempat hasil penjumlahan kolom-kolom samping dituliskan. 
  4. Pindahkan kursor mouse ke sel terakhir dan lepaskan klik kiri. Excel secara otomatis akan menghitung hasil penjumlahan.

SEMOGA BERMANFAAT


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter