Featured Post

Maulid Nabi Muhammad SAW: Cahaya Bagi Seluruh Umat Manusia

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan peristiwa penting dalam sejarah keagamaan mereka, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid adalah waktu yang penuh berkah dan sukacita, saat kita merayakan kelahiran Nabi Muhammad, utusan Allah SWT yang membawa ajaran Islam kepada dunia. Dalam art…

APA ITU DATABASE? Berikut Pengertian dari DATABASE

Posting Komentar


A. Pengertian DATABASE 

Data adalah fakta yang berkaitan dengan objek apa pun yang menjadi pertimbangan. Misalnya, nama, usia, tinggi, berat, dll. Adalah beberapa data yang saling terkait. Gambar, file, pdf, dll. Juga dapat dianggap sebagai data. Database adalah kumpulan data yang sistematis. Didukung dengan penyimpanan elektronik dan kemampuan manipulasi data. Database memudahkan pengelolaan data. Contohnya, Facebook. Itu perlu menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan data yang terkait dengan anggota, teman mereka, aktivitas anggota, pesan, iklan, dan banyak lagi. SQL adalah bahasa standar untuk menangani Database Relasional. SQL dapat digunakan untuk menyisipkan, mencari, memperbarui, dan menghapus record database. SQL dapat melakukan banyak operasi lain, termasuk pengoptimalan dan pemeliharaan database. SQL adalah singkatan dari bahasa Structured Query, diucapkan sebagai "S-Q-L" atau terkadang sebagai "SeeQuel". Database relasional seperti Database MySQL, Oracle, MS SQL Server, Sybase

 

B. Komponen DATABASE

Sebuah sistem Database terdiri dari: 

1. Data

2. Software

3. Hardware

4. Users 


C. Prinsip DATABASE

Prinsip Sistem Database memungkinkan user untuk: 

1. Menyimpan

2. Merubah

3. Mengambil

4. Mengatur

5. Melindungi 

 

D. Tipe Pemrosesan DATABASE

        1). Pendekatan Sistem Berbasis File

                 Sistem perusahaan memiliki sejumlah program aplikasi; masing-masing dirancang untuk memanipulasi file data. Program aplikasi ini telah ditulis atas permintaan pengguna di organisasi. Aplikasi baru ditambahkan ke sistem sesuai kebutuhan. Sistem yang baru saja dijelaskan disebut sistem berbasis file. Pertimbangkan sistem perbankan tradisional yang menggunakan sistem berbasis file untuk mengelola data organisasi. Berikut contohnya gambar dibawah ini:

 
 
           2). Pendekatan DATABASE
         Kesulitan yang timbul dari penggunaan sistem berbasis file telah mendorong pengembangan pendekatan baru dalam mengelola sejumlah besar informasi organisasi yang disebut pendekatan Database. Database dan teknologi Database memainkan peran penting di sebagian besar area sosial tempat komputer digunakan, termasuk bisnis, pendidikan, kedokteran, dll. Dengan pendekatan Database , kita dapat memiliki sistem perbankan tradisional seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. 
 
 
E. Pengguna DATABASE
 
Pengguna Database dikategorikan berdasarkan interaksi mereka dengan Database . 
 
a) Database Administrator (DBA) Database Administrator adalah orang yang mendefinisikan skema dan juga mengendalikan 3 level Database. DBA membuat id dan kata sandi akun baru untuk pengguna jika dia perlu mengakses Database . DBA bertanggung jawab untuk menyediakan keamanan pada Database dan dia hanya mengizinkan pengguna yang berwenang untuk mengakses / memodifikasi Database . DBA bertugas memantau pemulihan dan pencadangan serta memberikan dukungan teknis, memiliki akun DBA di DBMS yang disebut akun sistem atau superuser dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan karena kegagalan Hardware atau Software.
 
b) Pengguna Akhir Parametrik Pengguna Akhir Parametrik adalah yang tidak canggih yang tidak memiliki pengetahuan DBMS tetapi mereka sering menggunakan aplikasi Database dalam kehidupan sehari-hari mereka untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

c) Sistem Analis System Analyst adalah pengguna yang menganalisis kebutuhan pengguna akhir parametrik. Mereka memeriksa apakah semua kebutuhan pengguna akhir dipenuhi.

d) Pengguna Ahli Pengguna yang canggih dapat menjadi insinyur, ilmuwan, analis bisnis, yang akrab dengan Database. Mereka dapat mengembangkan aplikasi Database mereka Universitas Pamulang Sistem Informasi S-1 Pengantar Teknologi Informasi 10 sendiri sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka tidak menulis kode program tetapi mereka berinteraksi dengan Database dengan menulis kueri SQL langsung melalui prosesor kueri.

e) Desainer Database Perancang Database adalah pengguna yang merancang struktur Database yang mencakup tabel, indeks, tampilan, kendala, pemicu, prosedur tersimpan. Dia mengontrol data apa yang harus disimpan dan bagaimana data terkait.

f) Program aplikasi Program Aplikasi adalah programmer ujung belakang yang menulis kode untuk program aplikasi. Mereka adalah para profesional komputer. Program-program ini dapat ditulis dalam bahasa Pemrograman seperti Visual Basic, Developer, C, FORTRAN, COBOL dll.

g) Pengguna Sementara Pengguna Sementara adalah pengguna yang kadang-kadang menggunakan atau mengakses Database tetapi setiap kali ketika mereka mengakses Database mereka memerlukan informasi baru, misalnya, manajer tingkat menengah atau lebih tinggi. 
 
 
F. Pengertian Data Struktur
 
Data Struktur data adalah cara khusus untuk mengatur dan menyimpan data di komputer agar dapat digunakan secara efisien. Array, LinkedList, Stack, Queue, Tree, Graph dll adalah semua struktur data yang menyimpan data dengan cara khusus sehingga kita dapat mengakses dan menggunakan data secara efisien. Masing-masing struktur data yang disebutkan ini memiliki cara khusus yang berbeda dalam mengatur data sehingga pengguna memilih struktur data berdasarkan kebutuhan. Jenis Struktur Data Dua jenis struktur data: 

1. Struktur Data Linear => elemen Struktur data linier diakses secara berurutan, namun elemen dapat disimpan dalam struktur data ini dalam urutan apa pun. Contoh struktur data linier adalah: LinkedList, Stack, Queue dan Array

2. Struktur Data Non-linier =>  Elemen struktur data non-linier disimpan dan diakses dalam urutan non-linier. Contoh struktur data non linier adalah: Pohon dan Grafik.

 
 

SEMOGA BERMANFAAT



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter