Featured Post

Maulid Nabi Muhammad SAW: Cahaya Bagi Seluruh Umat Manusia

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan peristiwa penting dalam sejarah keagamaan mereka, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid adalah waktu yang penuh berkah dan sukacita, saat kita merayakan kelahiran Nabi Muhammad, utusan Allah SWT yang membawa ajaran Islam kepada dunia. Dalam art…

Membuat FTP Server Aplikasi PROFTPD Debian 10

Posting Komentar

FTP (File Transfer Protocol)

FTP (File Transfer Protocol) adalah internet service yang dirancang untuk membuat sambungan ke suatu server yang khusus untuk melakukan transfer file. FTP ada protokol yang paling banyak digunakan untuk melakukan pertukaran data, memindahkan file dari tempat satu ke tempat lainya.


Memasang Aplikasi Proftpd

aplikasi yang akan kita gunakan kali ini untuk membuat ftp server adalah Proftpd, yang pertama pastikan komputer sudah memiliki repository dan tersambung ke repository tersebut.


gunakan superuser / root untuk melakukan pemasangan aplikasi.


apt-get install proftpd

 


Konfigurasi Dasar

disini saya akan melakukan konfigurasi dasar dan mudah saja, dimana nanti akses ftp akan dilakukan setiap user yang ada. Di materi sebelumnya saya sudah membuat user deasydimana nanti saya akan menggunakan semua user agar bisa menggunakan layanan ftp ini.


gunakan akses superuser / root untuk mengubah file konfigurasi ini


nano /etc/proftpd/proftpd.conf

lalu akan muncul file konfigurasi dari proftpd, cari pengaturan DefaultRootlalu hapus komentar yaitu tanda #

Belum di ubah


Sudah di ubah


bisa kalian liat, DefaultRoot merupakan directori utama ketika user mengakses ftp, disini defaultRoot kita arahkan ke ~ , tanda ~ di linux berarti home directori dari user yang sedang aktif. jadi maksud dari pengaturan ini adalah ketika ada user masuk sebagai contoh ada user bernama deasy masuk dan mengakses ftp, maka defaultRoot nya adalah home directori dari si user deasy ini.


kalian juga bisa mengubah defaultRoot ke directori yang ingin kalian gunakan, defaultRoot akan membatasi akses user yang mengakses ftp karena user tersebut hanya bisa mengakses folder didalam yang sudah ditentukan, tidak bisa mengakses diluar folder tersebut.


kalian juga bisa mencampur semua user yang login ke suatu directori, misalnya kalian membuat directori /shareatau /home/sharemaka tinggal ubah saja menjadi :


DefaultRoot /home/share


Setelah selesai konfigurasi, simpan dengan menekan ctrl + xlalu “Y” untuk simpan.


Setelah melakukan perubahan, ingat selalu untuk merestart service nya, gunakan perintah umum berikut dan pastikan menggunakan superuser / root untuk menjalankan perintah ini :


/etc/init.d/proftp restart


Uji Coba

kita bisa melakukan uji coba di komputer client, dimateri sebelumnya kita sudah belajar membuat jarigan antara debian di virtual dan komputer fisik kita, jadi sekarang mari kita buka ftp server debian kita melalui komputer fisik. buka alamat ip debian dengan diawali protokolftp://


ftp://ip_server_ftp


jika kalian tidak tahu ip debian kalian, gunakan perintah ip auntuk melihat ip address nya


sebagai contoh saya mengakses ftp server berikut, lalu muncul dialog untuk login user, login menggunakan user biasa yang tersedia di debian kalian.



di gambar diatas muncul sebuah halaman yang kosong, jangan kuwatir, ini terjadi karena memang folder yang kita share tadi dengan ftp sebagai contoh diatas adalah

folder /home/deasyitu tidak memili file sama sekali, nah sebagai simulasi saja disini kita coba buat folder dan file di dalam directori yang kita share dengan ftp tadi.



perintah diatas saya mencoba membuat folder tes dan file file_tes.txt untuk percobaan kali ini, lalu kembali ke client dan akses ftp server lagi

dan yup, file pun sudah muncul di browser.


Menggunakan FileZilla Client

tidak harus menggunakan browser, kita juga bisa menggunakan aplikasi ftp client lain sebagai contoh saya mencoba menggunakan aplikasi ftp clint yaitu FileZilla ftp client

Aplikasi FileZilla Client biasa anda dapatkan disini : https://filezilla-project.org/download.php?type=client


Menggunakan Ftp Client Linux

pertama kita install aplikasi ftp 

apt-get install ftp


Lalu, kita lakukan koneksi ke ftp server

ftp <alamat_ip_ftp_server>

Sebagai contoh :

ftp 192.168.0.116

lalu kalian akan disuruh login, masukan username dengan password dari user yang akan gunakan untuk ftp.

dan berhasil :

untuk melakukan tranfer data, seperti upload dan download bisa gunakan perintah putuntuk upload dan getuntuk download.


Untuk upload :

// upload :ftp> put <file> <path_tujuan_upload>

// contoh :ftp> put /home/alfiandwi/file.txt /file_tes.txt


Penjelasanya adalah kita melakukan upload file kita yang berada

pada /home/alfiandwi/file.txtdan menguploadnya ke server ftpdengan path /file_tes.txt


dan untuk Download :

// download :ftp> get <file_di_server> <path_file_disimpan>

// contoh :ftp> get /file.txt /home/deasy/Downloads/file.txt

Ml

penjelasanya nya adalah file yang berada di server yaitu /file.txtkita download dan kita simpan ke /home/deasy/Downloads/file.txt.

SEMOGA BERMANFAAT


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter