Featured Post

Maulid Nabi Muhammad SAW: Cahaya Bagi Seluruh Umat Manusia

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan peristiwa penting dalam sejarah keagamaan mereka, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid adalah waktu yang penuh berkah dan sukacita, saat kita merayakan kelahiran Nabi Muhammad, utusan Allah SWT yang membawa ajaran Islam kepada dunia. Dalam art…

Pengertian Software Beserta Fungsi Software yang Paling Umum

Posting Komentar

 

Pengertian Software Beserta Fungsi Software yang Paling Umum 

pengertian software


Hardware atau dikenal dengan perangkat keras merupakan semua bagian komputer yang secara fisik bisa dilihat, diraba dan dipegang. Contohnya, keyboard, mouse, monitor, CPU, harddisk serta masih banyak lagi. Kebalikannya, software atau perangkat lunak tidak berwujud karena ia berupa sekumpulan kode yang diinstal ke dalam komputer. Baik hardware maupun software sama-sama berperan penting dalam sistem komputerisasi dan keduanya saling membutuhkan.

Pada sebuah PC, perangkat keras ialah segala sesuatu yang membuatnya bekerja. Misal, processor memproses informasi, RAM atau hard drive menyimpan data dan video card memberikan gambar ke monitor. Sedangkan perangkat lunak memungkinkan seseorang berinteraksi dengan perangkat keras. Hampir semua software juga membutuhkan hardware untuk beroperasi dengan baik.

Mungkin bagi Anda yang selama ini bergelut di dunia teknologi sudah paham di luar kepala mengenai kedua bagian PC tersebut. Tapi, untuk yang masih awam perlu mencerna setiap kalimat di atas dengan baik. Supaya lebih mengerti, simak pembahasan mengenai pengertian software dan fungsi software sebagai berikut


Pengertian Software

pengertian software adalah


Pengertian software adalah program komputer yang menjadi jembatan antara pengguna dengan perangkat keras. Ia juga dapat didefinisikan sebagai sebuah aplikasi yang tersusun dari sekumpulan kode-kode bahasa pemrograman.

Menurut sumber lain, software merupakan suatu data yang diprogram serta disimpan secara digital dan tidak berwujud, namun berada di dalam komputer. Ada pula yang menyebutkan bahwa software ialah kumpulan data-data elektronik berupa program atau instruksi yang disimpan dan dikelola oleh komputer.

Software sendiri dibuat oleh seorang programmer dengan bahasa pemrograman tertentu yang selanjutnya dikompilasi hingga menjadi sebuah kode yang dapat dikenali oleh hardware. Ia dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, misalnya untuk menghitung, membuat dokumen, mengolah gambar dan lain-lain.


Fungsi Software

Pengertian Software dan Fungsi Software

Dalam membantu pengoperasian sistem komputer, software mempunyai fungsi-fungsi khusus, antara lain:

  • Mengatur berbagai perangkat keras untuk bekerja secara simultan.
  • Menjadi penghubung antara perangkat lunak yang lain dengan hardware.
  • Sebagai penafsir setiap perintah software lain ke dalam bahasa mesin, sehingga mampu diterima oleh hardware.
  • Mengidentifikasi program.

SEMOGA BERMANFAAT


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter