Featured Post

Maulid Nabi Muhammad SAW: Cahaya Bagi Seluruh Umat Manusia

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan peristiwa penting dalam sejarah keagamaan mereka, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid adalah waktu yang penuh berkah dan sukacita, saat kita merayakan kelahiran Nabi Muhammad, utusan Allah SWT yang membawa ajaran Islam kepada dunia. Dalam art…

Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi

Posting Komentar


Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi atau biasa disingkat OS adalah system software yang melakukan kontrol manajemen perangkat keras dan fungsi dasar sistem di dalam komputer.

OS juga bekerja untuk menjalankan perangkat lunak seperti aplikasi atau program yang terinstal di dalamnya. Melalui sistem operasi, sebuah komputer bisa dijalankan oleh manusia.

Secara umum, sistem operasi adalah software pertama yang diinstal pada memori komputer setelah proses booting.

Sementara program atau aplikasi lainnya baru bisa diinstal jika sistem operasi sudah terpasang. Layanan inti sebuah OS adalah memberi tampilan antar muka pengguna (user interface), memberikan akses ke disk, manajemen ruang penyimpanan serta penjadwalan tugas.

Tanpa adanya sistem operasi, sebuah komputer hanya akan menyala tanpa bisa diberi perintah yang beragam.

Misalnya Anda membeli sebuah laptop yang belum diinstal OS, hal yang bisa Anda lakukan hanyalah menghidupkan dan mematikan laptop saja.

Fungsi Sistem Operasi

fungsi sistem operasi, via canva.com

Sistem operasi memiliki fungsi inti dari sebuah komputer. Fungsi inti inilah yang akan mengintegrasikan seluruh sumber daya yang ada dalam komputer.

Mulai dari hardware hingga software. Berikut akan dijelaskan beberapa poin tentang fungsi sistem operasi.

1. Manajemen Sumber Daya Komputer

Sistem operasi dapat mengatur waktu sebuah aplikasi yang dijalankan, membagi penggunaan CPU saat apliaksi berjalan bersamaan, memberi akses pada disk, dll.

2. Tampilan Antar Muka (Interface)

Memberikan tampilan antar muka yang mudah untuk dipahami. Sehingga Anda tidak perlu memasukkan perintah yang rumit untuk menjalankan hardware atau software di komputer.

3. Koordinasi

Sistem operasi akan mengatur seluruh kegiatan yang kompleks dari berbagai perangkat lunak di dalamnya agar berjalan sesuai dengan urutan yang tepat.

OS juga mengatur setiap kegiatan yang berhubungan dengan perangkat keras yang terhubung.

4. Pelindung File

Sebuah file sistem yang mengalami kerusakan atau hilang, dapat dipastikan bahwa komputer tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

Begitu juga sebuah aplikasi, jika ada file yang error, aplikasi tersebut akan berjalan tidak normal. OS melindungi file-file tersebut dengan membatasi akses dan melakukan perubahan.

5. Penerjemah

Sistem operasi bisa dikatakan sebagai penghubung antara komputer dan manusia. Komputer beroperasi dengan bahasa pemrograman yang sangat rumit, OS hadir sebagai penerjemah sehingga pengguna dapat mengoperasikan komputer dengan mudah.


SEMOGA BERMANFAAT


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter