Featured Post

Maulid Nabi Muhammad SAW: Cahaya Bagi Seluruh Umat Manusia

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan peristiwa penting dalam sejarah keagamaan mereka, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid adalah waktu yang penuh berkah dan sukacita, saat kita merayakan kelahiran Nabi Muhammad, utusan Allah SWT yang membawa ajaran Islam kepada dunia. Dalam art…

SOAL ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN

1 komentar


SOAL ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN



1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Courier-IMAP ?

2. Jelaskan fungsi utama dari mail server ?

3. Tuliskan kepanjangan dari :

- CMS

- MTA

- GPL

4. Jelaskan prinsip kerja pada mail server ?

5. Tuliskan tahapan pembuatan tabel pada PHPMyAdmin ?

6. Tuliskan 3 kelebihan Database Server ?

7. Sebutkan 5 aspek keunggulan pada MySQL ?

8. Tuliskan Range IP kelas A dan Kelas B ?

9. Tuliskan Perintah untuk membuat folder mail pada installasi mail server ?

10. Pada tanggal berapa MS SQL 2000 mengakibatkan kelambatan akses internet ?

11. Tuliskan kode untuk melakukan tahap restart pada service networking dan BIND 9 ?


Jawaban


1. Courier-IMAP merupakan software yang digunakan untuk mengambil email yang ada pada server mail kita. sotware ini akan memberikan kita akses pop3 dan imap, protokol ini merupakan protokol server-client yang berguna untuk mengambil email dari server mail kita. courier mendukung mode pop3 dan imap.


2. fungsi mail server adalah sebagai program yang membantu mengatur agar email dapat dikirimkan oleh pengirim sekaligus dapat diterima dengan aman, cepat, dan tanpa kendala oleh penerima email.


3. - GPL = General Public License

    - MTA= Mile Transfer Agent

    - CMS= Content Management System


4. • Jika ada mail local maupun mail remote yang mepergunakan SMTP, diletakkan kedalam direktori /var/mail/postfix/maildrop.


• Di sini akan dicek host, domain, maupun user name yang dituju. Pengecekan juga termasuk yang didefinisikan di /etc/aliases dan ~/.forward. Jika bermasalah, mail akan dikembalikan ke pengirim. Bisanya ada satu tembusan ke postmaster.


• Dari maildrop, mail akan di clean up dengan menambah header dan meletakkan di direktori /var/mail/postfix/imcoming. Disini program Queue Manager akan diaktifkan.


• Queue manager akan memisahkan mail-mail yang ditujukan untuk jaringan local dan mail yang ditujukan untuk host jaringan remot. Jika ada mail yang macet, Queue Manager akan memilahnya sehingga tidak mempengaruhi pengaturan mail lainnya.


• Trivial-rewrite adalah program yang dipanggil oleh Queue Manager untuk resolving alamat dari tujuan surat.


5. 



6. 1. Dapat meningkatkan data independance (kemandirian data), Dapat digunakan untuk bermacam-macam program aplikasi tanpa harus merubah format data yang sudah ada.

   2. Konsistensi Data, Dilakukan dengan cara data disimpan hanya sekali dalam basis data sehingga jika terjadi perubahan pada nilai data tersebut, perubahan hanya dilakukan satu kali dan nilai baru tersebut akan tersedia untuk semua pengguna.

   3.Meningkatkan aksesibilitas terhadap data dan respon yang lebih baik. Akibat dari integrasi data yang melewati batasan-batasan departemen dapat langsung diakses oleh pengguna. Ini berarti menyediakan sistem dengan fungsi yang lebih baik. Pengguna dapat memperoleh data yang dibutuhkan dengan cepat dengan menggunakan query language.


7. 

1. Multi-Platform

Keunggulan yang pertama dari MySQL Database Management System adalah multi platform. Sistem operasi seperti Windows, Mac, Linux, dan lain sebagainya dapat menggunakan MySQL dalam mengolah dan melakukan manajemen data.


2. Tidak Berbayar (Open Source)

Keunggulan lain dari MySQL adalah tidak berbayar (open source). Walaupun tidak berbayar, bukan berarti kualitas dari sistem manajemen data ini cukup buruk. MySQL sudah memiliki suatu lisensi yang menunjukkan bahwa sistem ini sudah teruji kualitasnya.  Anda dapat membeli MySQL enterprise jika Anda merasa kurang atas fitur-fitur pada MySQL Database Management System yang tidak berbayar.


3. Multi-User

Meskipun tidak berbayar, MySQL memiliki fitur Multi User yang cukup baik. MySQL Database Management System dapat dioperasikan oleh beberapa pengguna tanpa mengalami kendala dan kesulitan yang berarti.


4. Memiliki Berbagai Tipe Data

Anda dapat menggunakan berbagai tipe data pada MySQL seperti integer, float, chat, text, date, dan timestamp. Dengan tipe data yang beragam ini tentunya dapat membantu dan mempermudah Anda dalam mengelola suatu database.


5. Memilki Fitur Keamanan yang Baik

Walaupun tidak berbayar, MySQL Database Management System memiliki fitur keamanan yang cukup baik. Dengan sistem kendali akses, administrator dapat menentukan siapa pihak-pihak yang berhak untuk mendapatkan akses penuh pada MySQL. Sehingga, akses terhadap data-data yang bersifat privasi dapat diminimalisir melalui kendali sistem ini.


8. Kelas A: 0-127

    Kelas B: 128-191


9. etc/skel/maildir


10. 25 januari 2003


11. /etc/init.d/bind9 restart


That's all from me More or less Sorry, Hopefully Helpful :)

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter