Featured Post

Maulid Nabi Muhammad SAW: Cahaya Bagi Seluruh Umat Manusia

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan peristiwa penting dalam sejarah keagamaan mereka, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid adalah waktu yang penuh berkah dan sukacita, saat kita merayakan kelahiran Nabi Muhammad, utusan Allah SWT yang membawa ajaran Islam kepada dunia. Dalam art…

Konfigurasi Mail Server dan SquirrelMail Pada Debian

3 komentar


  1. Pengertian Mail Server

Mail server merupakan suatu perangkat lunak yang mendistribusikan file atau informasi sebagai balasan atau respon atas permintaan yang dikirim melalui email. Istilah ini juga sering digunakan untuk menunjukkan bitnet yang menyediakan layanan serupa ftp. Tak hanya itu program ini juga dapat digunakan sebagai aplikasi install email.

 SquirrelMail juga biasa disebut WEBMAIL atau MailServer adalah proyek yang menyediakan kedua klien email berbasis web dan proxy server untuk IMAP protokol.adalah sebuah aplikasi yang menerima e-mail dari pengguna lokal (daridomain yang sama) maupun pengirim remote dari jaringan lain (internet). Selain itu MailServer juga mampu mem-forward e-mail tersebut ke Mail Server lainnya untuk dikirim.Intinya Mail Server adalah yang melayani kalian para user dalam proses pengiriman dan penerimaan e-mail seperti halnya kantor pos.
Untuk dapat mengirimkan e-mail, sebuah Mail Server harus memiliki sebuah MTA (Mail Transport Agent) didalamnya. Fungsi utamanya adalah untuk mengirimkan e-mail dari Mail Server lokal ke Mail Server remote. Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis MTA yang Dapat kalian install di Debian.

 Beberapa contohnya adalah : Postfix ,Sendmail ,Qmail ,Exim ,Zimbra Selain untuk mengirimkan e-mail, Mail Server juga bertugas untuk menerima e-mail.
Menggunakan protokol POP atau IMAP. Untuk itu diperlukan juga sebuah POP dan IMAP server agar Mail Server dapat berfungsi dengan sempurna dalam menerima email masuk dari MTA Mail Server lain. Contoh POP dan IMAP server yang cukup terkenal adalah Courier dan Dovecot.



Sejarah

Bagian webmail dari proyek ini dimulai oleh Nathan dan Lukas Ehresman pada tahun 1999 dan ditulis dalam PHP . SquirrelMail dapat digunakan dalam hubungannya dengan LAMP "stack" , dan setiap sistem operasi lain yang mendukung PHP juga didukung. Web server membutuhkan akses ke server IMAP email hosting dan ke SMTP server untuk dapat mengirim mail. 

SquirrelMail webmail output valid HTML 4.0 untuk presentasi, sehingga kompatibel dengan mayoritas saat ini web browser . SquirrelMail webmail menggunakan arsitektur plugin untuk mengakomodasi fitur tambahan sekitar aplikasi inti, dan lebih dari 200 plugin yang tersedia di situs SquirrelMail.
 
The SquirrelMail IMAP produk server proxy diciptakan pada tahun 2002 oleh Dave McMurtrie sementara pada University of Pittsburgh (di mana ia bernama "up-imapproxy", meskipun telah menjadi lebih dikenal sebagai "imapproxy") dan diadopsi oleh tim SquirrelMail pada 2010 . Hal ini ditulis dalam C dan terutama dibuat untuk menyediakan stateful koneksi untuk stateless software webmail client ke server IMAP, sehingga menghindari login IMAP baru untuk setiap tindakan klien dan dalam beberapa kasus secara signifikan meningkatkan kinerja webmail. 
Kedua produk SquirrelMail adalah gratis dan open source software tunduk pada ketentuan dari GNU General Public License (GPL) versi 2. 
SquirrelMail webmail termasuk dalam repositori banyak utama distribusi GNU / Linux dan secara independen didownload oleh puluhan ribu orang setiap bulan.


Pertama-tama pastikan bahwa Debian 8 anda telah terinstall,

  • Login sebagai root, lalu masukkan iso debian8 dvd 2 dan dvd 3.

Masukkan ISO 2.png
  • Setelah memasukan iso-nya, kita ketikkan apt-cdrom add

Apt Cdrom add 2.png
  • Setelah muncul gambar diatas, kita ketikkan apt-get update

Apt get Update.png
  • Setelah dvd 2 dan dvd 3 sudah selesai di add dan update, kita mulai dengan menginstal postfix dengan mengetikkan perintah apt-get install postfix

apt get install postfix.png
  • ketik Y lalu enter, setelah itu masukkan domain seperti gambar dibawah ini.

apt get install postfix 2.png
  • Setelah itu tekan OK, tunggu hingga instalasi postfixnya selesai. Install courier-imap dengan mengetikkan perintah apt-get install courier-imap

apt get install courier-imap.png
  • Pilih Yes, kemudian tunggu hingga penginstalan selesai. Kemudian install courier-pop dengan mengetikkan perintah apt-get install courier-pop tunggu hingga selesai lalu install squirrelmail dengan mengetikkan perintah apt-get install squirrelmail.

  • Jika sudah selesai, ketikkan perintah dpkg -l postfix courier-imap courier-pop squirrelmail untuk mengecek apakah sudah terinstal atau belum, jika sudah terinstall depannya akan tertulis ii.

dpkg -l.png
  • Jika sudah ii semua, kita mulai mengkonfigurasi postfix dengan mengetikkan perintah nano /etc/postfix/main.cf

main.cf.png
  • Scroll hingga kebagian paling bawah, cari kalimat dengan nama “mailbox_command = procmail –a $EXTENSION”, jika sudah ketemu tambahkan tanda “#” dibagian depannya, lalu pindah ke baris bawah dan tambahkan “home_mailbox = Maildir/” kemudian ctrl+x untuk save, setelah itu ketikkan service postfix restart untuk merestart postifix. Setelah itu ketikkan maildirmake /etc/skel/Maildir seperti gambar dibawah ini.

maildirmake.png
  • Setelah itu buat user baru yang digunakan sebagai pengiriman dan penerima pesan,

adduser satu.png
adduser dua.png
  • Jika sudah selesai membuat usernya, kita lanjutkan dengan mengirimkan pesan dari usersatu ke userdua
  • Caranya dengan mengetikkan perintah telnet localhost 25 untuk mengirim pesan

localhost 25.png
  • Setelah itu masukkan user pengirim dan penerima, kemudian isikan pesan yang ingin Kalian kirim seperti gambar dibawah ini.

localhost 25 pesan.png
Ket :
  • mail from = user pengirim pesan
  • rcpt to = user penerima pesan
  • data = data yang akan dikirimkan
Jika ingin keluar cukup mengketikkan quit.
  • Kemudian kita cek apakah pesan yang kirim berhasil diterima oleh userdua, dengan cara mengetikkan perintah telnet localhost 110,

localhost 110.png
  • Setelah itu masukkan username dan password dari user yang akan digunakan, seperti gambar dibawah ini.

localhost 110 pesan.png
Ket :
  1. user = user yang akan kita masuki
  2. pass = password yang akan kita masuki
  3. stat = melihat ada berapa mail yang masuk kedalam user kita
  4. retr = membaca mail yang dikirimkan kepada user ini (contoh retr 1 = artinya kita membaca mail terbaru yang dikirimkan kepada kita)
Konfigurasi mailserver telah selesai, sekarang kita lanjutkan dengan konfigurasi SquirrelMail.
  • Pertama-tama pastikan Squirrelmail Anda sudah terinstall, karena saya diawal sudah menginstallnya, jadi kita langsung masuk kedalam file apache2.conf dengan mengetikkan “nano /etc/apache2/apache2.conf

nano apache.png
  • Setelah itu scroll hingga kebagian paling bawah kemudian tambahkan ‘Include “/etc/squirrelmail/apache.conf”

apache.conf.png
  • Kemudian simpan dan restart apache2 dengan mengetikkan perintah “service apache2 restart”.
  • Sekarang kita hubungkan debian8 kita dengan komputer kita, cara dengan mengatur Network Setting seperti gambar dibawah ini.

network setting.png
  • Pilih dibagian Network, lalu atur Attached to: ke Host-only Adapter setelah itu pilih adapter yang ingin Anda Gunakan, kemudian tekan Ok.

network setting 2.png
  • Kemudian kita setting IP Komputer kita, dengan cara masuk kedalam control panel dan pilihlah network and internet, lalu pilih network and sharing center.

network.png
  • Kemudian klik kanan ke VirtualBox Host-Only Network, lalu pilih Properties.

network 2.png
  • Setelah itu klik 2 kali ke IPv4-nya

network 3.png
  • Kemudian isikan IP yang akan digunakan, karena debian8 saya menggunakan IP 192.168.110.2, maka IP komputer saya isikan dengan 192.168.110.3,

network 4.png
  • Setelah itu Ok, kemudian buka browser, lalu ketikkan ip debian8 dan tambahkan /squirrelmaildibelakangnya yang berfungsi untuk mengakses SquirrelMail

browser.png
  • Kemudian login dengan user yang telah kita buat tadi.

browser2.png
  • Setelah login, pilih Compose untuk membuat pesan baru, contoh sebagai berikut.

browser3.png
  • Jika sudah selesai tekan Send untuk kirim.


Sekian yang dapat saya sampaikan tentang Konfigurasi Mailserver dan SquirrelMail di Debian 8.Kurang Lebih-nya Mohon Maaf.

Wasallamuialaikuim Wr Wb. 



Related Posts

3 komentar

  1. Nilai Baik 89
    Tugas selanjutnya :
    Buat soal yang terdiri dari
    10 PG lengkap dengan (A,B,C,D,E) beserta jawabannya
    dan 5 Essay beserta jawabannya

    dan di upload pada blog masing masing
    tugas ini akan di input ke dalam penilaian ASJ
    Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter